4 Tips Untuk Merawat Radiator Agar Tidak Mengalami Overheating

4 Tips Untuk Merawat Radiator Agar Tidak Mengalami Overheating

344

Radiator merupakan komponen kendaraan yang sangat penting dan berguna untuk mengatur suhu mesin. Kinerja mesin yang selalu bergerak dan mengalami gesekan pada saat digunakan, membutuhkan radiator sebagai penyeimbang agar suhu mesin mobil tidak menjadi tinggi atau mengalami overheating.

Karena itu, alat yang satu ini sangat perlu diperhatikan agar performa mesin tetap terjaga. Kuras air radiator dalam jangka waktu tertentu agar kebersihannya selalu terjaga dan jika sudah terlalu tak pernah mengalami pergantian. Umumnya, skala waktu untuk melakukan pergantian ini berkisar 20.000 km/jam penggunaan kendaraan Anda.

Jika Anda terlalu sibuk untuk kuras air radiator kendaraan, Anda sebaiknya menghubungi montir.id untuk melakukan hal ini untuk Anda. Bisa langsung mendatangi bengkel service-nya atau meminta mereka untuk mendatangi Anda, baik di rumah ataupun tempat yang telah Anda tentukan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara melakukan booking terlebih dahulu dengan mengunjungi situs montir.id atau dapat juga melakukannya via aplikasi yang dapat diunduh dari Playstore smartphone Anda.

Biasanya, kendala yang sering terjadi pada radiator yang jarang mengalami perawatan adalah radiator yang bocor. Hal ini biasanya disebabkan oleh pengaratan ataupun keropos. Anda dapat mengetahui adanya suatu kebocoran dari menetesnya air pada pipa radiator dan semakin berkurangnya volume air radiator yang ada.

Kuras air radiator
Kuras air radiator

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kondisi radiator agar tetap awet.

  1. Menggantinya setiap 20.000 km/jam atau sesuai dengan anjuran pada buku petunjuk yang disarankan.
  2. Gunakan cairan khusus yang memang diperuntukan bagi radiator dan disarankan penggunaannya oleh produsen mobil Anda. Untuk melakukan penambahan cairan pun, sebaiknya jangan gunakan air biasa ataupun air mineral. Karena jika salah-salah, bisa menyebabkan terjadinya karat pada saluran air radiator.
  3. Saat melakukan penambahan air pada radiator, pastikan tanki dan penutup radiator tertutup rapat, agar air radiator tidak keluar saat temperatur mesin meningkat.
  4. Jika Anda biasa mencuci mobil sendiri, semprotkan air bertekanan tinggi pada kisi-kisi radiator agar kotoran yang menempel bisa hilang.

Kuras air radiator sebenarnya bisa dilakukan sendiri, namun bagi Anda yang tidak begitu paham tentang mesin mobil, sebaiknya serahkan hal itu pada ahlinya. Percayakan perawatan mobil Anda montir.id untuk mengatasi semua permasalahan kendaraan Anda. Semoga bermanfaat