Berinvestasi Pada Reksa Dana Resmi KlikMAMI

68

Cara yang paling tepat dan efektif berinvestasi adalah dengan langsung menyisihkan uang setelah gaji bulanan keluar. Sisihkan investasi pada reksadana resmi terlebih dahulu, bukan menunggu kalau gaji sisa setelah dipakai berbelanja. Karena jika tidak disisihkan di awal, uang seberapapun bisa habis. Bukan habis untuk sesuatu yang memang dibutuhkan, tapi dipakai untuk kesenangan atau keinginan yang tidak diperlukan.

Dan yang juga penting, melakukan investasi secara rutin. Agar tidak repot, kita dapat mendaftar ke bank agar bisa autodebet rekening kita untuk mengisi investasi kita. Salah satu opsi yang memungkinkan untuk kita dapat mengumpulkan dana miliaran adalah melalui investasi reksadana resmi.  Investasi reksadana sangat terjangkau.

reksadana resmi
reksadana resmi

Dengan nilai nominal Rp 100 ribu saja, kita sudah bisa berinvestasi. Selain itu untuk memperolehnya sangat mudah karena sudah banyak perusahaan pengelola reksadana (Manajer Investasi) yang telah menyediakan fasilitas pembelian secara online. Jaman now memang dimudahkan dengan akses yang lebih murah dan mudah.

Kinerja industri reksadana resmi di Indonesia sepanjang tahun terakhir memiliki kinerja positif. Contohnya kinerja reksa dana saham sepanjang tahun lalu rata-rata memberikan return 11,25%. Angka ini bisa dibilang belum maksimal karena ada juga beberapa produk reksa dana yang memberikan keuntungan atau imbal hasil (return) per tahun 20% bahkan lebih.

Adapun kelebihan berinvestasi rutin tiap bulan, kita tidak perlu sering-sering mengecek keadaan pasar dan situasi ekonomi. Jadi kita dapat menjalani hidup dengan normal dan tenang sementara investasi tetap menghasilkan.

Sebagai gambaran, jika kamu bekerja dan memiliki gaji Rp 5 juta dan menyisihkan 10% gaji sebesar Rp 500.000 untuk berinvestasi di reksa dana saham. Dengan mengambil acuan return rata-rata reksa dana saham 2017 sebesar 11,25%. Maka dana hasil investasi kamu selama 25 tahun ke depan akan mencapai Rp 830 juta.