Cara Mengatasi Anak Yang Terlambat dalam Berbicara

20

Kemampuan berkomunikasi khususnya pada anak usia prasekolah merupakan bukti bahwa otak anak berkembang secara baik. Namun, terkadang sebagian orang tua khawatir dengan keadaan anaknya yang masih belum lancar dalam berbicara padahal sudah menginjak usia yang normalnya sudah bisa berkominukasi dengan baik dan lancar.

Masalah anak terlambat bicara biasanya akan terjadi karena beberapa faktor termasuk kurangnya perhatian dari kedua orang tua selama proses tumbuh kembangnya. Anak akan menjadi lebih pendiam karena kurangnya komunikasi dengan orang-orang terdekatnya. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi perkembangan dan daya rangsang otak anak dalam mengasah setiap kemampuan yang dimilikinya.

Jika saat ini bunda menemukan gejala yang menunjukkan anak terlambat bicara, maka alangkah baiknya bunda segera mengatasi masalah tersebut dan jangan ditunda lagi. Ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan terhadap anak untuk membantu kemampuan dalam bicaranya, yaitu :

Anda bisa berkonsultasi kepada dokter atau psikolog mengenai tumbuh kembang buah hati anda selama ini dan apa saja kemampuan yang dimiliki oleh si kecil selama dalam pengawasan anda. Karena dengan keterbukaan anda kepada seorang psikolog anak dapat membantu anda menemukan solusi dari masalah yang tengah dihadapi buah hati anda.

Berikan anak anda kesempatan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman sebayanya yang ada lingkungan sekitarnya. Agar kemampuan berbicaranyapun semakin berkembang dengan rajin berkomunikasi bersama teman-temannya saat bermain.

Ajaklah si kecil untuk berbicara sesering mungkin dimanapun dan kapanpun saat bunda sedang bersamanya meskipun si kecil belum bisa berbicara dengan benar. Bunda juga bisa membantunya dengan memberikan stimulasi yang  bisa mengasah kemampuan otaknya agar lebih berkembang secara optimal. Misalnya dengan membacakan dongeng, memperdengarkan lagu anak-anak ataupun bernyanyi bersama-sama yang bisa memperbanyak kosa kata yang dimiliki anak dan melatih anak agar sifat pendiamnya perlahan-lahan akan hilang dan sering berbicara.

Mengajarkan cara berbicara dengan benar dan jelas kepada anak adalah hal yang perlu anda lakukan agar anak tidak terbiasa dengan mengucapkan ejaan kata-kata yang kurang tepat dalam sehari-harinya. Misalnya, seringkali kita mendengar bunda berkata “cucu” dengan maksud “susu”. Hal itu adalah cara mengajarkan bicara yang salah yang bunda terapkan kepada anak.

Hal penting lainnya yang bisa bunda lakukan dalam mengatasi anak terlambat bicara adalah dengan mulai menghentikan kebiasaan bunda dalam membiarkan anak menonton televisi dalam waktu yang lama dan tanpa di dampingi oleh ayah atau bunda. Karena hal ini bisa menyebabkan anak menjadi malas untuk bersosialisasi dengan orang lain diakibatkan oleh rasa nyamannya berada di depan TV. Sedangkan, bersosialisasi dan berinteraksi dengan banyak orang itu akan lebih membantu anak dalam melancarkan kemampuan berbicaranya.

Bagaimanapun kemampuan si kecil saat ini, jangan pernah membandingkan kemampuan anak bunda dengan anak yang lain. Latihlah buah hati anda semaksimal mungkin agar bisa keluar dari masalah sulit berbicara yang dialaminya saat ini.

Susu dancow merupakan susu yang mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang si kecil dan bisa menjadi pilihan bunda untuk melengkapi gizi buah hati tercinta.