Ciptakan Menu Makan Sehat dan Unik untuk Si Kecil

61

Anak yang suka memilih milih makanan memang sulit untuk dihadapi namun bukan berarti tidak bisa diatasi. Umumnya kondisi ini termasuk normal sepanjang masih dalam batasan tertentu. Misalnya saja si kecil masih melakukan eksperimen dalam mengenal makanan baik bentuk maupun tekstur untuk pertama kalinya.

Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa usia 2 hingga 5 tahun adalah kondisi wajar jika anak memilih makanan dimana nantinya seiring dengan perkembangan sebagian besar anak yang tadinya picky eater akan bisa mengatasi dan merubah kebiasaan tersebut.

menu makan sehat
menu makan sehat

(source:https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2019/01/22/535fa217-7c33-4d9a-a2d2-52e75ce29530.jpeg?a=1)

Ada beberapa faktor yang membuat anak sulit atau memilih jenis makanan tertentu. Jadi sebagai orang tua yang bijak maka bunda harus mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebabnya agar mudah mengatasi anak yang picky eater. Dan tentu saja, tetap menyajikan menu makan sehat buat kebutuhan asupan gizinya.

Faktor makanan kurang lezat mungkin dianggap sebagai penyebab anak suka memilih makanan. Padahal masakan ibu tidaklah kurang enak bahkan tersaji dalam menu makan sehat. Akan tetapi sistem perasa anak memang dirancang untuk memilih rasa manis. Itu sebabnya anak-anak yang sedang tumbuh sangat menginginkan makanan yang tinggi kalori.

Bahkan di beberapa kasus ada juga anak yang sangat sensitif terhadap rasa pahit sehingga tidak heran jika anak tidak menyukai sayuran karena tidak memiliki rasa. Bagaimana mengatasinya? Maka langkah terbaik adalah menyajikan variasi menu makan sehat. Misalnya saja untuk sayuran Bunda bisa mengolah dalam bentuk salad atau bahkan dihaluskan.

Intinya Bunda jangan pernah menyerah dan terus memberikan makanan yang lezat seperti sayuran yang digoreng atau dengan menggunakan saus sebagai cocolan. Faktor lainnya yang mungkin kurang dipahami adalah kondisi anak yang belum lapar. Di usia 2 tahun pertumbuhan anak memang cukup lambat sehingga anak-anak terkadang tidak selera atau tidak ingin makan.

Untuk itu aturlah jadwal makan yang tepat dan memilih porsi makan yang tepat. Namun ada kalanya juga faktor lain yaitu masalah medis yang sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter anak seperti anak yang memiliki masalah alergi makanan pada jenis makanan tertentu