Ketahui Ketentuan Kurs Jenius

201

Pada umumnya untuk menentukan nilai tukar atau kurs jual dan beli dilihat melalui perspektif bank atau money changer. Jika nasabah membeli mata uang asing dari bank atau money changer maka akan berlaku kurs jual. Karena dari perspektif bank atau money changer, mereka lah yang menjual mata uang asing kepada nasabah.

Sehingga kurs beli dapat berlaku jika nasabah menjual mata uang asing kepada bank atau money changer. Sebab pihak bank atau money changer telah membeli mata uang asing dari nasabah. Ketentuan umum ini tampaknya tidak berlaku pada kurs jenius, karena bank jenius menggunakan ketentuan sebaliknya. Yaitu penentuan nilai tukar melalui perspektif nasabah.

kurs jenius
kurs jenius

Kurs jual menurut ketentuan bank jenius adalah ketika nasabah menjual mata uang asing kepada pihak bank Jenius. Dan kurs beli adalah ketika nasabah membeli mata uang asing dari pihak bank Jenius. Ketentuan kurs jenius ini berlaku bagi nasabah yang menggunakan aplikasi Jenius.

Dalam tampilan aplikasi Jenius jika nasabah membeli mata uang asing pada halaman konfirmasi transaksi akan ditampilkan kurs beli. Di akhir transaksi, pada layar aplikasi akan ditampilkan tombol “Beli” untuk konfirmasi pembelian mata uang asing yang dilakukan nasabah. Perlu diingat bahwa dalam transaksi jual beli mata uang asing melalui aplikasi Jenius hanya melayani transaksi rupiah dengan mata uang asing.

Mata uang asing yang disediakan oleh aplikasi Jenius diantaranya adalah JPY, USD, GBP, EUR, SGD, HKD, dan AUD. Nasabah tidak dapat melakukan transaksi antara mata uang asing dengan mata uang asing. Ketentuan lainnya dalam kurs jenius adalah terletak pada nilai tukar yang digunakan, yaitu menggunakan nilai tukar prinsipil dan nilai tukar Jenius.

Nilai tukar Jenius digunakan ketika nasabah melakukan proses jual beli mata uang asing melalui aplikasi Jenius. Sedangkan untuk segala bentuk transaksi menggunakan Kartu Debit Jenius seperti halnya tarik tunai pada ATM. Untuk pembayaran ke merchant dapat melalui pembayaran POS (Point Of Sale) atau melalui sistem Visa Contactless di luar negeri.