Kunci Sukses Pelatihan Telesales yang Profesional

395

Jika perusahaan atau bisnis Anda terdaopat telesales untuk menjaring calon pelanggan, saatnya Anda mulai memikirkan melakukan pelatihan telesales secara profesional agar ke depannya bisa meningkatkan omzet bisnis.

Apa saja yang diperlukan dalam pelatihan telesales ini? Pada artikel ini, akan dibahas lebih dalam tentang pelatihan telesales dan hal-hal apa saja yang diperlukan dalam rangka mewujudkan telesales dengan kapabilitas tinggi dan skill profesional.

pelatihan Telesales
pelatihan Telesales

Telesales bekerja dengan melakukan proses penawaran barang atau jasa melalui telepon. Mereka berusaha meyakinkan calon pelanggan tentang produknya. Ini tidak semudah yang kita pikirkan, membujuk bukanlah hal yang sederhana. Seorang telesales harus membangun kepercayaan calon pelanggan dalam waktu yang relatif singkat, bahkan tanpa tatap muka sekalipun.

Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus dicapai dalam pelatihan telesales. Apa saja itu? Berikut kunci suksesnya:

Mampu Membuat Orang Menerima Telepon

Langkah awal dari seorang telesales adalah mampu membuat orang mau menerima telepon terlebih dahulu. Tidak ada teori yang tepat kapan waktu yang tepat untuk menelepon, karena realitanya calon customer pun bisa saja menolak dengan alasan waktu yang tidak tepat. Maka dari itu, kesan pertama haruslah sempurna. Utamakan attitude dan membuat calon pelanggan nyaman di awal. Paling tidak, telesales harus mampu membuat orang tidak menutup telepon di 1 menit pertama.

Cara Efektik Bicara Lewat Telepon

Seorang telesales harus mengaplikasika bagaimana cara efektif untuk berbicara dengan calon pelanggan melalui telepon. Efeketif di sini adalah hanya bicara seputar apa yang ditawarkan, memberi tahu manfaat produk hingga membuatnya percaya.

Selalu Meningkatkan Kemampuan Diri dalam Berkomunikasi

Telesales juga harus bisa belajar dari pengalaman-pengalamannya saat ditolak atau menggoalkan hingga mencapai target. Pengalaman ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuannya dalam berkomunikasi. Dalam berkomunikasi ini, telesales juga harus bisa mengenali kebutuhan calon pelanggan serta bisa membedakan hal tersebut menjadi sebuah kebutuhan rasional atau hanya emosional saja.

Penggunaan Software Terkini

Zaman sudah semakin canggih. Perkembangan teknologi ini juga hendaknya dimanfaatkan untuk meningkaykan efiesiensi pekerjaan. Ada software yang bisa digunakan untuk menunjang pekerjaan telesales dan customer service, yakni Sociomile. Sociomile merupakan software help desk yang mendukung dalam menerima, memproses, dan merespon suatu service request dalam bentuk apapun, apakah itu help desk, service desk, atau support desk software.

Banyak fitur yang bisa diulik dari Sociomile ini, salah satunya adalah fitur monitoring dan management yang real time yang dilengkapi tools analitik, dashboard yang dapat dicustom sesuai dengan kebutuhan. Ada juga system ticketing yang cepat, terpersonalisasi, dan konsisten yang akan diproses dan direspon dalam satu interface. Terdapat juga instant screen pops yang menyediakan informasi profile pelanggan dan history interaksi dari berbagai channel.

Informasi lengkap mengenai Sociomile ini, Anda bisa mengakses web resminya di sini.

Enggak perlu ragu lagi meningkatkan kemampuan dengan pelatihan telesales. Karyawan Anda adalah akses yang bisa menunjang bisnis Anda semakin besar. Selamat mengeksplorasi diri dan telesales Anda!