Menata Ruang Keluarga Dengan Menggabungkan Ruang Makan dan Dapur

75
Image result for Menata Ruang Keluarga Dengan Menggabungkan Ruang Makan dan Dapur

Menggabungkan ruang makan dan dapur biasa ditemui pada rumah atau apartemen dengan area yang tak terlalu luas. Agar rumah terasa lebih luas, para arsitek meniadakan dinding pembatas. Hasilnya, ruang keluarga pun terintegrasi dengan ruang makan dan dapur.

Beberapa orang mungkin tidak nyaman jika suasana dapur mereka bisa dilihat oleh para tamu. Namun tata ruang semacam ini akan menambah kehangatan dan keakraban antar anggota keluarga, juga antara penghuni rumah dengan tamu mereka.    

Berikut adalah beberapa desain menata ruang keluarga, ruang makan dan dapur dalam satu ruangan seluas kurang dari 100 m² yang bisa mengilhami Anda:

1. Ada banyak ruang untuk makan bersama

Jika meja makan tak cukup luas untuk makan bersama, sisa peserta bisa duduk di sofa atau meja tengah dapur.

2. Dapur di pintu depan

Desain dalam menata ruang keluarga semacam ini mungkin masih janggal buat orang Indonesia. Sisi positifnya, kita harus menjaga kerapian dapur setiap saat dan menghiasnya agar memikat saat dipandang.

3. Gaya industrial

Meja dapur yang panjang pasti disuka oleh mereka yang hobi masak. Nuansa industrial tercermin pada atap beton dan pilar kayu yang kokoh, namun terbuka menerima siapa pun yang berkunjung ke sana.

4. Kehangatan klasik

Gaya klasik bukan hanya bisa diterapkan di rumah besar, di rumah kecil juga bisa kok. Pilih saja aksesoris yang identik dengan gaya itu. Misalnya lampu gantung berbentuk seperti pada gambar.

5. Praktis dan efektif untuk pengantin baru

Kursi gaya retro dan backsplash motif membuat ruangan ini kental dengan gaya 50-an. Penataan dan pemilihan furnitur harus diperhatikan agar ruangan dengan tiga fungsi tidak penuh sesak dan berfungsi efektif.

6. Lebih lapang dengan cahaya

Agar lebih lapang, televisi layar datar dan rak buku digantungkan di dinding. Ada lampu berbeda di tiap area, dan bentuknya berbeda pula. Cahaya dan warna putih selalu berhasil membuat ruangan sempit tampak lapang. Itulah beberapa hal tentang menata ruang keluarga.