Pengembangan Fisik dan Keterampilan Motorik Anak

335

Masa prasekolah adalah masa ketika anak-anak memperoleh keterampilan motorik dasar. Keterampilan dibagi menjadi dua kategori yakni motor halus dan motor kotor. Ingatlah bahwa keterampilan motorik anak melibatkan penggunaan tangan dan jari. Sedangkan keterampilan motorik kasar adalah gerakan yang memungkinkan individu bergerak dan terlibat dalam keterampilan yang membutuhkan gerakan tubuh. Perkembangan motor perseptual berhubungan dengan pergerakan dan lingkungan.

Para ahli menyarankan agar anak-anak bergerak melalui perkembangan dalam perolehan motorik anak. Perkembangan ini mencakup fase gerakan refleksif, fase gerakan yang belum sempurna, fase gerakan fundamental, dan fase gerakan khusus. Urutan fase ini bersifat universal, walaupun tingkat keterampilan motorik bervariasi dari anak yang satu dengan anak lainnya. Fase gerakan refleksif berkisar dari lahir sampai sekitar 1 tahun. Pada fase ini, bayi bergerak dalam gerakan refleksif.

Kemudian, fase gerakan yang tidak sempurna mencakup keterampilan motorik anak yang diperoleh pada masa bayi saat menangkap dan melepaskan benda, duduk, berdiri, dan berjalan. Keterampilan tahap gerak rudimenter yang diperoleh selama 2 tahun pertama membentuk fondasi untuk fase fundamental. Fase gerakan fundamental terjadi pada masa prasekolah mulai dari usia 2 sampai 3 sampai usia 6 dan 7.

motorik anak
motorik anak

Dalam mendukung ketrampilan gerakan fundamental, Anda harus memberikan asupan yang tepat dimana mengandung nutrisi serta vitamin yang tepat. Salah satu produk terbaik untuk mendukung tumbuh kembang anak Anda adalah Dancow. Sediakan Dancow setiap hari untuk membuat otak anak Anda cerdas dan tubuhnya tetap sehat.

Selama fase gerakan fundamental, anak-anak mendapatkan kontrol yang meningkat atas gerakan bruto dan motorik halus mereka. Mereka terlibat dalam pengembangan dan penyempurnaan keterampilan motorik seperti berlari, melompat, melempar, dan menangkap. Kontrol setiap keterampilan berkembang dari tahap awal dan tahap dasar sebelum mencapai tahap matang. Anak-anak pada tahap ini belajar ketrampilan secara terpisah satu sama lain dan kemudian bisa menggabungkannya dengan keterampilan lain sebagai gerakan terkoordinasi.

Fase gerakan khusus dimulai pada usia sekitar 7 tahun dan berlanjut sampai masa remaja dan sampai dewasa. Kedewasaan dan aktivitas fisik saja tidak menjamin bahwa anak-anak akan memperoleh kemampuan gerakan fundamental pada tahun-tahun prasekolah. Anak-anak yang tidak menguasai keterampilan ini akan frustrasi dan mengalami kegagalan pada kegiatan rekreasi dan olah raga. Pengetahuan tentang proses keterampilan motorik dasar dapat membantu pendidik anak usia dini untuk merancang kurikulum dan aktivitas yang sesuai untuk anak-anak.