Penyebab Sering Terjadi Haid Tidak Teratur

84

Haid Tidak Teratur menjadi salah satu masalah yang cukup membuat panik bagi wanita. Namun sebenarnya hal tersebut bisa diatasi, namun sebaiknya kita mengenali penyebabnya apa saja. Dengan kita mengetahui apa saja penyebabnya maka kita bisa melakukan tindak lanjut terhadap hal tersebut. 

Apa yang Menyebabkan Haid Tidak teratur? Yuk Simak Disini

1. Karena Menopause

Biasanya karena menjelang menstruasi menjadi tidak lancar. Hal tersebut dikarenakan hormon estrogen dan progesteron yang terdapat di dalam tubuh menjadi tidak teratur.

haid tidak teratur
haid tidak teratur

2. Karena Kehamilan

Kalau haid Anda terhenti atau terlambat maka cobalah dalam hal ini melakukan pemeriksaan untuk Anda memastikan kalau Anda hamil. Boasanya dokter memberikan rekomendasi kepada Anda untuk melakukan rekomendasi tes kehamilan dan USG.

3. Alat kontrasepsi

Memakai alat kontrasepsi contohnya seperti IUD (spiral) atau pil KB, memang ini dapat menjadikan perubahan berupa flek di antara siklus menstruasi. Jenis IUD ini dapat menjadikan darah yang keluar menjadi lebih banyak jika dibandingkan biasanya atau juga bisa menyebabkan nyeri disaat haid datang. Bisa juga terjadi keluarnya sedikit darah pada saat pemakaian pil KB, akan tetapi juga akan berhenti setelah beberapa bulan dalam penggunaannya.

4. Bisa dikarenakan Pola hidup sehari-hari

Kalau Anda melakukan olah raga yang berlebihan atau berat badan Anda turun drastic maka bisa jadi ibu menjadikan menstruasi Anda tidak lancar atau tidak teratur. Begitu juga dengan berat badan yang berlebihan atau istilahnya obesitas. Selain itu stress juga bisa menyebabkan haid tidak teratur.

5. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

(PCOS) ini merupakan kumpulan gejala yang menyebabkan terbentuknya kista-kista kecil yang ada di dalam indung telur.tahukah kamu jika keberadaan kista ini menjadikan hormone jadi tidak seimbang.  Testosteron bisa meningkat melebihi batas normal, yang mana dalam hal ini seharusnya pada wanita hanya memiliki sedikit hormon testosteron.

Ketidaknormalan tersebut juga terjadi pada proses pelepasan sel telur. Sehingga hal tersebut bisa menyebabkan wanita dengan PCOS tidak mengalami haid, atau bisa juga mengalami menstruasi namun darah yang keluar hanya sedikit.

Nah itulah masalah jika haid tidak teratur pastikan Anda mengatasinya dengan cara yang aman dan tidak berbahaya.