Pilihan Makanan Bernutrisi Tinggi Untuk Pertumbuhan Maksimal

25

Pertumbuhan pada tubuh anak dipengaruhi oleh berbagai hal seperti faktor genetika dan juga konsumsi makanan setiap harinya. Untuk jenis makanan tertentu yang bisa memberikan pengaruh untuk tumbuh kembang yang maksimal bisa didapatkan dengan memberikan jenis makanan tertentu. Makanan bernutrisi tinggi yang bisa diberikan kepada anak tidak harus dari jenis makanan yang tidak enak sehingga tidak disukai anak, karena sebagai orang tua anda bisa memilih jenis makanan tertentu yang bergizi dan juga memiliki rasa yang enak untuk anak.

Untuk makanan bernutrisi tinggi yang bisa dipilih sebagai konsumsi menu makanan enak dan sehat bagi anak pastikan memiliki kandungan kalsium yang diperlukan sejak dini. Selain itu asupan nutrisi lainnya seperti makanan tinggi protein juga bisa membuat pertumbuhan anak lebih maksimal.

Terpenuhinya nutrisi bisa memperbaiki jaringan dan mengembangkan otot tanpa lemak anak, selain itu juga berpengaruh untuk organ tubuh yang tumbuh maksimal seperti pada gigi dan tulang. Lalu jenis pilihan makanan apa saja yang bisa diberikan? Berikut ini kami tuliskan untuk anda diantaranya.

makanan bernutrisi tinggi
  1. Daging ayam dan telur. Kedua jenis makanan ini bisa diolah menjadi berbagai jenis menu makanan yang disukai anak dan tentunya dengan rasa yang enak. Misalnya dijadikan sebagai menu sup ayam, opor ayam, ayam goreng, olahan telur, dan yang lainnya. Selain itu keduanya juga bisa dipadukan menjadi menu baru yang diminati anak. Kedua jenis makanan ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak seperti kandungan proteinnya yang tinggi. 
  2. Sayuran dan buah-buahan. Untuk sayuran bagi sebagian orang tua mungkin kesulitan memberikannya karena banyak anak yang tidak menyukainya, padahal jika mengolahnya dengan tepat bisa dijadikan sebagai menu yang enak. Dalam makanan ini mengandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan seperti vitamin, magnesium, zat besi, dan juga mineral penting untuk pertumbuhan anak. Untuk buah-buahan sendiri terkenal dengan kandungan vitamin dan antioksidannya, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan metabolisme. Pilihannya pun sangat banyak misalnya buah jeruk, jambu biji, semangka, buah naga, dan yang lainnya.
  3. Gandum utuh. Gandum termasuk dalam jenis makanan biji-bijian yang mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh, seperti zat besi, protein, dan vitamin B. Danya nutrisi ini penting untuk metabolisme dan meningkatkan perkembangan anak, kondisi tubuh anak bisa lebih tinggi dan tambahan konsumsi gandung untuk menu makanan hariannya. Untuk gandum sendiri bisa didapatkan seperti dari sereal, pasta, ataupun roti gandum.
  4. Konsumsi kacang kedelai. Jika anak mulai bosan dengan makanan tertentu di rumah maka mengganti menunya dengan kacang kedelai bisa menjadi solusi. Kacang kedelai sendiri memiliki nutrisi protein yang tinggi yang baik untuk pertumbuhan anak. Untuk menu makanan dari kacang kedelai sendiri juga bisa beragam seperti yang mudah didapatkan yaitu dari tempe, tahu, dan yang lainnya. Selain itu harga dari makanan ini juga terjangkau sehingga siapa saja bisa membelinya. 
  5. Konsumsi susu. Membuat pertumbuhan pada anak lebih maksimal tentunya jangan melupakan susu. Selain terkenal dengan minuman yang banyak disukai anak dengan menu dan jenis turunannya yang beragam, dalam susu juga terkandung nutrisi lengkap seperti vitamin D, protein, kalsium, dan yang lainnya. Konsumsi segelas susu setiap hari bisa membuat pertumbuhan tubuh anak menjadi lebih maksimal. Dari itu pastikan setiap anak mengkonsumsi susu bernutrisi seperti yang ada di Nutricia.