Tips Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kelapa dan Cuka Apel

26
tips menghilangkan ketombe
tips menghilangkan ketombe

Ketombe seringkali menjadi masalah yang merepotkan. Ketombe memanglah bukan penyakit berbahaya, tapi ini sangatlah merusak penampilan, apalagi ketika menggunakan baju dengan warna selain putih, sehingga ketombe bisa dengan mudah mengotori baju dan merusak penampilan yang sebenarnya menarik. Tentunya, ketombe bisa diatasi dan saat ini ada banyak sekali produk sampo dan perawatan rambut lainnya untuk mengatasi ketombe tersebut. Selain itu, ada juga tips menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan-bahan alami. Hal ini tentu akan lebih sehat dan bisa jadi lebih murah. Lebih lagi, bahan yang akan digunakan bisa dijumpai dengan mudah dan tentunya ini sangatlah sehat untuk rambut dan kulit kepala.  

Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi ketombe adalah cuka apel. Cuka apel tidak hanya untuk masakan, tapi juga bagus untuk kesehatan kulit kepala. Cuka apel bisa menghilangkan ketombe dan meredakan rasa gatal yang ada di kulit kepala. Untuk membuat ramuannya, hanya perlu dipersiapkan cuka apel sebanyak 50 ml dengan air bersih dengan takaran yang sama. Akan jauh lebih baik bila air campuran cuka apel tersebut dimasukkan dalam botol semprotan untuk memudahkan penggunaannya. Setelah itu, larutan tersebut bisa disemprotkan secara merata ke kulit kepala dan didiamkan selama sekitar 30 menit. Untuk hasil lebih baik, rambut bisa dibungkus dengan handuk. Setelah selesai, rambut bisa dibilas hingga bersih. Cara ini aman dan bisa dilakukan selama 2x seminggu.

Lalu, tips menghilangkan ketombe selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Bahan yang satu ini juga sangatlah baik untuk kesehatan kulit kepala dan mencegah munculnya ketombe. Minyak kelapa juga mengandung Vitamin E yang bagus untuk menyehatkan kulit kepala. Untuk menggunakannya, sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Minyak kelapa tersebut bisa digunakan langsung tanpa harus dicampur dengan air atau bahan lainnya. Berikut tahapannya:

  • Minyak kelapa sebanyak satu sendok makan dioleskan di kulit kepala saat kulit kepala dalam keadaan kering
  • Setelah itu, minyak tersebut diratakan.
  • Kulit kepala dipijat setelah minyak merata di kulit kepala.
  • Kulit kepala didiamkan selama sekitar 30 menit.
  • Setelah selesai, bisa dilanjutkan dengan keramas memakai shampo.