Waspada Penyebab Anak Hiperaktif

9

Anak merupakan titipan Tuhan yang paling berharga, sehingga sebagai orang tua yang baik kita harus bekerja keras sebaik mungkin mendidik dan mengurus anak supaya anak tumbuh jadi pribadi yang baik dan bermanfaat untuk banyak orang. Apapun kondisi anak, kelemahan dan kelebihannya kita harus bisa memperhatikannya dengan baik.

Tentu saja, kita ingin memiliki anak yang baik secara intelektualnya maupun sikap sosialnya. Terkadang dalam suatu kondisi, anak sangat aktif melakukan banyak hal dan keaktifannya cenderung berlebihan sampai mengabaikan lingkungan sekitar. Kondisi tersebut disebut sebagai kondisi hiperaktif. Beberapa penyebab bisa membuat anak tumbuh menjadi anak hiperaktif. Beberapa penyebab itu diantaranya adalah sebagai berikut.

Biasanya anak yang cenderung hiperaktif mempunyai kecerdasan yang diatas rata-rata kecerdasan lingkungannya. Ketika anak dalam kondisi tersebut, terkaang lingkungannya tidak memberikan jalan dan fasilitas untuk menyalurkan kecerdasan anak tersebut. Sehingga, ketidakadaan media penyalur kecerdasan yangs sesuai dengan mudah mendorong anak menjadi berlebihan dalam aktivitasnya dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya.

Selain karena hal diatas, hal lain yang bisa mendorong perilaku hiperaktif pada anak ialah adanya  kelainan pada otak anak. Biasanya pada anak hiperaktif, khususnya otak kanan memiliki ukuran yang lebih kecil dari otak kiri. Kelainan pada otak ini bisa terjadi di bagian depan otak, namun bisa pula terjadi pada senyawa kimia penghantar rangsangan.

Mengenal penyebab anak hiperaktif merupakan hal yang penting bagi orang tua. sebab dengan mengetahui penyebabnya orang tua dapat memberikan penanganan yang tepat kepada anak yang tengah mengalami posisi hiperaktif, atau menghalagi anak dri penyebab-penyebab tersebut.

Salah satu penanganan yang bisa dilakukan orang tua selain memberikan obat atau vitamin kepada anak yang tengah mengalami kondisi hiperaktif, dapat juga dilakukan dengan cara memberikan asupan gizi yang dapat menyeimbangkan fungsi otak dan kecerdaan anak menjadi lebih baik. Pemberian Susu Dancow yang mengandung AHA dan DHA itu dapat memperbaiki fungsi otak anak dan memaksimalkan kecerdasan anak dalam bentuk yang lebih baik lagi. Sehingg, penyebab anak berprilaku hiperaktif seperti diatas dapat diatasi secara sederhana dengan rutin mengkonsumsi susu Dancow itu.