5 Jenis Cemilan Sehat Yang Bergizi Untuk Anak

83

Ketika menginjak usia pertumbuhan, anak-anak tentu membutuhkan pasokan energi yang lebih banyak dari sebelumnya. Adapun sumber energi paling utama didapatkan dari makanan sehat, oleh karena itu pasti setiap orang tua menyediakan makanan pokok sebagai asupan energi untuk anak-anak.

Namun tak melulu hanya dari makanan pokok, si kecil juga bisa mendapat pasokan energi dari cemilan sehat yang bergizi yang mereka konsumsi. Anak-anak yang sedang dalam tahap tumbuh kembang biasanya sering merasa lapar di luar jam-jam makan, sehingga mereka sering meminta camilan.

cemilan sehat yang bergizi
cemilan sehat yang bergizi

Namun tidak semua camilan yang mereka konsumsi sehat lho? Sebab ada beberapa jenis camilan yang mengandung 3P (pengawet, pewarna, perasa), oleh karena itu sebagai orang tua anda harus selektif memilihnya. Berikut makanan ringan yang bisa menjadi cemilan sehat yang bergizi untuk si kecil:

1. Keju

Kandungan protein yang tinggi pada keju sangat dibutuhkan dalam mendukung pertumbuhan anak. Selain itu protein juga akan membuat anak merasa kenyang lebih lama di antara jam-jam makan.

2. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan serat yang dapat larut guna meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh. Serat ini nantinya akan larut dalam saluran pencernaan bersama dengan manfaat kesehatan lainnya.

3. Telur rebus

Selain menjadi sumber utama dari protein karena mampu menyediakan protein dengan jumlah yang tinggi, telur rebus juga memiliki kandungan beberapa vitamin dan mineral. Karena kandungan nutrisinya sangat banyak maka telur rebus menjadi salah satu camilan sehat yang dikonsumsi anak-anak.

4. Smoothie buah

Jika si kecil susah makan buah atau sayuran, maka membuat smoothie buah ini bisa menjadi solusinya. Smoothie buah adalah cara mengemas banyak nutrisi ke dalam camilan. Smoothie ini umumnya dibuat dari berbagai macam buah-buahan segar dan terkadang juga ditambahkan sayuran.

5. Yoghurt

Minuman yang terbuat dari susu murni ini sangat kaya akan kandungan vitamin B6, B12, dan vitamin K. Yoghurt mengandung bakteri positif yang baik untuk pencernaan. Selain itu minuman ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa buah yang disukai anak-anak.