Bayar Tagihan Listrik Selalu Tinggi? Ini Tips Hematnya

100

Apakah Anda pernah merasa kebingungan karena tagihan listrik tiba-tiba membengkak? Akibatnya uang bulanan harus berkurang karena harus bayar tagihan listrik yang lebih tinggi. Anda harus berhemat agar uang bulanan bisa cukup hingga gajian bulan depan tiba. Ada banyak alasan mengapa tagihan listrik bisa meningkat. Selain pemakaian yang lebih tinggi, kebiasaan-kebiasaan tertentu juga bisa membuat tagihan listrik naik.

Menghemat listrik tidak hanya menghemat pengeluaran Anda saja namun juga menghemat energi di Bumi. Dengan hemat listrik maka Anda akan membantu menjaga kelestarian Bumi. Ada beberapa kebiasaan yang perlu Anda hindari agar tagihan listrik tidak membengkak. Berikut ini adalah beberapa tips hemat listrik yang bisa Anda ikuti:

Bayar tagihan listrik
Bayar tagihan listrik

Gunakan Lampu yang Hemat Daya

Lampu merupakan penerangan yang pasti selalu dibutuhkan. Bahkan dalam sehari Anda bisa menyalakan lampu hingga lebih dari 12 jam. Karena hal tersebut, Anda bisa mulai berhemat dari lampu. Sebaiknya cari lampu yang hemat daya atau yang tidak menggunakan terlalu banyak energi. Saat ini ada cukup banyak jenis lampu hemat daya yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Salah satu jenisnya adalah lampu LED yang bahkan bisa menghemat penggunaan hingga 50%. Meskipun lebih mahal, namun lampu LED juga lebih tahan lama dibandingkan dengan lampu biasa.

Cabut Kabel Jika Tidak Digunakan

Tidak mencabut kabel dari stop kontak merupakan kebiasaan buruk yang dilakukan oleh banyak orang. Jika Anda juga memiliki kebiasaan ini, segera hilangkan agar tagihan listrik tidak membengkak. Pasalnya mode standby dari peralatan listrik seperti TV, charger HP, atau yang lain sebagianya tetap mengonsumsi daya. Anda tidak boleh malas mencabut kabel saat peralatan listrik sudah tidak digunakan lagi. Matikan saklar dari soket ketika Anda tinggal dalam jangka waktu lama.

Gunakan Penerangan Alami di Siang Hari

Selain menggunakan lampu yang hemat daya seperti lampu LED, Anda juga bisa memanfaatkan penerangan alami ketika siang hari. Buka jendela lebar-lebar ketika siang hari agar cahaya matahari bisa masuk. Matikan setidaknya 2 buah lampu di antara pukul 17.00 hingga pukul 20.00. Sadar atau tidak, pengendalian penggunaan listrik juga bisa membantu Anda mengurangi ketergantungan pada listrik. 

Gunakan AC Seperlunya Saja

AC atau Air Conditioner merupakan fasilitas yang sangat penting, terutama untuk Anda yang tinggal di kota besar dan panas. Perlu Anda ketahui jika AC adalah salah satu peralatan elektronik yang mengonsumsi daya super besar, apalagi jika Anda masih menggunakan AC konvensional. Gunakan AC seperlunya saja dengan memilih AC inverter yang bisa menaikkan suhu serta mematikan dan menghidupkan AC secara otomatis.

Mudahnya Membayar Tagihan Listrik di Bank Sinarmas

Bank Sinarmas memberikan kemudahan pada pengguna listrik dengan menghadirkan beberapa jenis pembayaran. Salah satu layanan yang paling memudahkan adalah pembayaran listrik melalui aplikasi SimobiPlus. Aplikasi mobile ini bisa diunduh oleh pengguna Android maupun iOS. Berikut ini adalah cara bayar tagihan listrik di Bank Sinarmas:

  1. Buka aplikasi
  2. Pilih menu “Bayar Tagihan Listrik”
  3. Pilih jenis tagihan antara lain Prepaid, Postpaid, dan Non Taglis
  4. Ketikkan nomor ID Pelanggan Anda
  5. Pilih rekening sumber
  6. Ketikkan nominal pembayaran
  7. Perhatikan konfirmasi pembayaran benar
  8. Ketikkan EasyPIN
  9. Proses pembayaran selesai.

Itulah tips hemat agar tagihan bayar listrik tidak membengkak. Bayar tagihan listrik di Bank Sinarmas juga sangat mudah dan cepat. Hanya kurang dari 5 menit saja tagihan listrik Anda sudah terbayarkan. Langsung saja unduh dan pasang aplikasi SimobiPlus melalui AppStore untuk iOS dan PlayStore untuk Android.