Cara Memastikan Liontin Berlian Terbaru

8

Di zaman yang sudah modern ini, banyak sekali model perhiasan baru yang dibuat. Model baru itu didesain untuk menambahkan unsur estetika dan keindahan. Namun, dengan banyaknya model baru kita akan sulit untuk membedakan antara liontin berlian terbaru dan palsu. Jadi, bagaimana cara kita untuk membedakannya?

Perbedaan Signifikan Liontin Berlian Asli & Palsu

Perhiasan tentu menjadi barang yang penting untuk kita. Setiap manusia pasti menginginkan perhiasan yang cantik dan mengkilap, liontin berlian contohnya. Banyak sekali liontin berlian asli di Mondial yang dibuat dengan model, desain, dan harga beragam. Berikut adalah cara untuk mengetahui dan membedakannya keasliannya.

liontin berlian terbaru
  1. Memiliki daya tahan kuat atau anti pecah

Liontin berlian asli memiliki sifat anti pecah meskipun dijatuhkan atau diinjak. Bahkan sampai berkali-kali. Jika anda membeli liontin berlian yang ternyata mudah pecah, maka bahan pembuatannya patut untuk dipertanyakan. Bisa saja ternyata perhiasan itu memiliki campuran bahan atau senyawa palsu yang lebih banyak.

  1. Jika terkena cahaya dapat terpantul dengan sendirinya

Berlian asli tentu mempunyai kemampuan untuk memantulkan cahaya. Biasanya kita akan mengujinya dengan beberapa sudut. Berlian akan memantulkan cahaya melalui badannya, lalu refleksi itu akan terlihat. Jika anda mempunyai liontin berlian terbaru cara ini dapat dilakukan untuk menguji keasliannya. 

  1. Panas tidak akan ada efeknya

Berlian memiliki salah satu ciri unik yaitu tidak dapat dipengaruhi oleh panas. Mau dipanaskan sampai berapa derajat pun, ia tidak akan meleleh. Melainkan permukaannya malah akan tetap dingin. Cara ini patut dicoba untuk menguji liontin berlian terbaru yang anda beli karena panas tidak akan pernah bisa merusaknya.

  1. Noda goresan tidak akan pernah muncul

Berlian memiliki sifat yang kuat seperti baja. Ia tidak akan mudah tergores, bahkan oleh pisau sekalipun. Berlian yang memiliki goresan, atau jika anda mengujinya dengan pisau dan tergores artinya berlian itu adalah palsu. Cara ini biasanya cara paling mudah untuk mengidentifikasi berlian asli dan palsu.

  1. Bentuknya sangat beragam dan tidak beraturan

Agak sulit jika kita berbicara mengenai bentuk. Berlian yang ada di perhiasan biasanya tercampur oleh beberapa zat tambahan. Keaslian dari suatu berlian juga dapat terlihat dari bentuknya sendiri. Bentuk pada berlian asli tidak akan teratur. Bentuk dari berlian teratur menandakan bahwa berlian itu palsu dan tidak murni.

  1. Tiga warna keaslian berlian

Ada merah muda, biru, dan kuning. Berlian asli hanya akan memancarkan ketiga warna itu. Jika ternyata muncul warna lain dari ketiga warna itu, bisa dipastikan bahwa perhiasan yang anda beli dibuat dari berlian palsu. Apalagi jika kita membeli perhiasan yang mahal dan langka. Semua itu patut dipertanyakan kepada penjualnya.

Nah keenam ciri-ciri diatas adalah ciri dari sebuah berlian asli. Sebenarnya ada cara lain untuk kita mengetahui apakah berlian itu asli atau tidak. Cara seperti memeriksanya dengan air, kabut, pengaturan zat, dipanaskan, dan dengan sinar UV dapat juga memeriksa apakah berlian itu benar berlian murni.

Manusia memang selalu mementingkan keindahan. Baik itu untuk dirinya atau untuk orang lain. Perhiasan adalah salah satu hal yang dapat melengkapi itu semua. Untuk itu penting bagi kita untuk memilih perhiasan yang asli, namun juga indah. Perhiasan palsu hanya akan memberikan tanda bahwa kita tidak peduli akan keindahan yang diinginkan.