Cara Membedakan Sparepart Mitsubishi yang Original dan Palsu

22

Mitsubishi merupakan salah satu merk mobil yang cukup populer di Indonesia. Karena kepopulerannya tersebut, mencari sparepart Mitsubishi original sebenarnya tidaklah sulit. Meskipun begitu masih banyak sekali sparepart-sparepart palsu yang dijual di pasaran. Membeli sparepart palsu cukup merugikan karena bisa membuat kendaraan lebih mudah rusak. Selain itu, sparepart palsu juga tidak nyaman saat dipakai.

Anda yang baru memiliki mobil wajib mengetahui perbedaan antara sparepart original dan palsu. Jadi tidak tertipu dengan barang palsu. Berikut ini adalah cara membedakannya yang bisa dilakukan:

Memeriksa Kode dan Nomor Seri

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah melihat kode dan nomor seri sparepart. Setiap sparepart pasti memiliki kode dan nomor seri yang bisa Anda cek di katalog. Berhati-hatilah apabila kode dan nomor serinya terasa janggal. Pasalnya ada juga barang palsu yang memiliki kode dan nomor seri. Namun kode dan nomor seri tersebut terlihat ringkih serta mudah hilang.

Memeriksa Kondisi Kemasan

Selain kode dan nomor seri, Anda juga perlu memeriksa kondisi kemasan saat diberikan. Barang original dibuat sebaik mungkin oleh pabrik sehingga kemasannya juga diperhatikan. Kardus yang digunakan untuk sparepart original adalah kardus yang halus dan tebal. Warnanya juga lebih terang dan tidak kusam. Ada stiker hologram menempel sebagai bukti keaslian produk.

Tanyakan Mengenai Garansi

Jangan pernah lupa menanyakan garansi saat membeli sparepart mobil. Meskipun harganya tidak terlalu mahal pun, Anda tetap wajib menanyakannya. Pasalnya produk-produk original memiliki garansi yang cukup panjang. Sedangkan garansi produk KW adalah garansi toko yang umumnya berlaku satu minggu hingga satu bulan saja. Mereka tidak berani memberikan garansi lama karena barangnya kurang berkualitas.

Sparepart mitsubishi

Cek Kondisi Fisik dan Spesifikasi Barang

Sebaiknya jangan hanya periksa barangnya dari luar saja. Anda juga harus mengecek kondisi dan spesifikasi barang secara langsung. Buka dari kemasan dan cek kondisinya. Pastikan spesifikasi sesuai dengan kondisi fisik. Contohnya barang original menggunakan baja, apakah kondisinya sama dengan barang yang Anda beli atau tidak. Karena membutuhkan pengetahuan, sebaiknya cari informasi spesifikasi barang sebelum membeli.

Pertimbangkan Harga yang Masuk Akal

Harga sebenarnya menjadi hal yang sangat terlihat dari barang palsu dan original. Harga barang original lebih tinggi karena berkualitas. Meskipun begitu, masih banyak orang yang menjual barang KW dengan harga original. Jadi periksa hal-hal lain sebelum membeli. 

Beli di Bengkel Resmi

Cara paling mudah untuk mendapatkan barang original adalah membeli di bengkel resmi. Bengkel resmi atau dealer 3S hanya menyediakan sparepart original saja. Mereka juga menawarkan garansi panjang pada produknya. Bahkan Anda bisa memanfaatkan layanan service untuk memasang atau memperbaiki mobil.

Paket SMART dari Lautan Berlian

Jangan bingung lagi mencari sparepart Mitsubishi karena Lautan Berlian menyediakannya. Sebagai dealer resmi, tentu saja sparepart yang ditawarkan adalah sparepart original atau asli. Jaminan atau garansi suku cadang yang ditawarkan hingga 5 tahun lamanya.

Ada paket SMART agar pembelian suku cadang lebih terjangkau. Melalui paket SMART, Anda bisa mendapatkan keuntungan biaya perawatan lebih hemat dengan kualitas lebih tinggi selama 3 tahun. Paket ini bisa digunakan oleh pengguna Pajero Sport dan Xpander. 

Setiap paket ada tiga kelas yang berbeda dengan layanan dan harga yang berbeda juga. Paket pertama adalah Silver, kemudian Gold, dan terakhir Diamond. Anda bisa mendaftarkan mobil untuk mendapatkan paket SMART di www.lautanberlianku.co.id. Selain layanan sparepart, ada juga layanan service dan sales untuk Anda yang ingin membeli mobil baru.