Gunakan Cara 4 C Untuk Mengetahui Keunggulan Cincin Berlian Solitaire

6

Mendapatkan perhiasan terbaik tentunya tidak mudah untuk dilakukan, terlebih bagi mereka yang baru mengenali atau baru ingin membeli perhiasan. Apalagi untuk jenis perhiasan seperti cincin berlian, cincin jenis ini memiliki peminat yang banyak dan tidak ada seorangpun yang dapat menolak keindahan yang dimilikinya. Salah satu perhiasan berlian ini yaitu cincin berlian solitaire yang terkenal dengan potongan atau desain pada batu berliannya yang indah dan antik.

Jenis cincin berlian wanita solitaire memiliki banyak penggemar, tidak hanya dari kalangan orang biasa akan tetapi para artis hollywood pun banyak yang tertangkap menggunakan perhiasan cincin berlian solitaire sebagai penunjang tampilannya dan menambah rasa percaya dirinya. Anda yang juga tertarik akan perhiasan cincin berlian ini harus lebih selektif dalam memilihnya, jangan sampai yang dipilih ternyata memiliki kualitas yang rendah bahkan palsu.

Sebenarnya di toko-toko perhiasan berlian yang besar dan sudah terpercaya memiliki alat tes tersendiri yang dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana kualitas dari suatu berlian. Akan tetapi bagi anda yang ingin mengetahuinya secara langsung kualitas yang dimiliki suatu perhiasan seperti pada cincin berlian solitaire maka menggunakan cara 4C bisa menjadi pilihan yang mudah. Pilihan dengan cara 4 C dapat dilakukan seperti berikut.

  1. Lihat dari potongan berlian (cut). Potongan berlian bisa menjadi penilaian pertama untuk mengetahui bagaimana kualitasnya. Menurut Gemological Institute of America (GIA) standar potongan terbaik pada berlian yang paling tinggi yaitu excellent, kemudian diikuti very good, good, fair, dan poor. Untuk cincin berlian solitaire dengan kualitas tinggi pastikan tingkatan berliannya adalah excellent atau minimal good.
  2. Bagaimana dengan warna yang ditampilkan (color). Masih menurut GIA untuk ukuran warna pada berlian terbagi pada D-F yaitu putih, G-J berlian yang hampir tidak memiliki warna, K-M berlian dengan warna kekuning-kuningan, N-R dengan warna kuning sangat terang dan S-Z dengan warna kuning terang. Untuk berlian solitaire yang terbaik dan kualitasnya tinggi jika dilihat dari warna yaitu memiliki warna yang bening sehingga semakin bening biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.
  3. Kejernihan pada berlian (clarity). Selain dari potongan dan warna untuk kejernihan juga bisa menjadi perhatian. Dalam tingkatan kejernihan pada berlian dibagi pada beberapa tingkatan yaitu Flawless, internal flawless, VVS1, VVS2, VS1, dan Vs2. Berlian dengan tingkat kejernihan dari flawless sampai internal flawless merupakan berlian dengan kualitas terbaik karena tidak memiliki kecacatan sedikitpun di dalamnya. Berlian jenis ini merupakan berlian yang sangat langka dan bernilai tinggi. 
  4. Berat pada berlian (carat). Yang dimaksud karat disini yaitu tolak ukur berat dari suatu berlian solitaire. Berat pada suatu berlian tidak tergantung juga pada volume besar berlian karena besar berlian belum tentu memiliki massa yang berat.

Setelah mengetahui hal-hal di atas maka sebelum membeli suatu cincin berlian solitaire sebaiknya yang sudah lulus dari standar GIA. Hal ini bisa dibuktikan dengan sertifikat yang dimiliki cincin berlian solitaire tersebut. Untuk mendapatkan kualitas terbaik dari cincin berlian Solitaire sendiri sekarang ini bisa lebih mudah didapatkan dengan mengunjungi Mondial. Di Mondial tersedia pilihan cincin berlian solitaire dengan kualitas yang sudah terjamin. Ini karena berbagai batu berlian yang digunakan untuk berbagai perhiasan seperti cincin semuanya merupakan berlian terbaik dengan berbagai model dan desain yang indah. Bagi anda yang masih bingung untuk mencari yang terbaik langsung saja kunjungi Mondial di daerah anda.