Ini dia Alasan Kenapa Kamu Harus Memilih Kuliah Film

52

Pada dasarnya, film dan televisi merupakan bidang ilmu yang mendalami cara menciptakan berbagai bentuk secara audio dan visual beserta serangkaian proses produksinya. Segala macam teknis produksi film dan televisi akan dipelajari secara keseluruhan apabila kamu memilih kuliah film sebagai pendidikan lanjut setelah sekolah.

Terdapat banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu sudah lulus dari kuliah film, baik di Indonesia maupun mancanegara. Terutama di Indonesia, industri film sedang mengalami peningkatan yang cukup signifikan apabila melihat jumlah penikmat film yang terus mengalami peningkatan juga. Jadi, tidak heran jika peluang bisnis di industri ini semakin terbuka lebar.

Selain itu, banyak juga dari stasiun televisi yang membutuhkan tenaga kreatif yang merupakan lulusan dari kuliah film dan pertelevisian untuk meningkatkan kualitas dalam industri ini. Dan, semasa kuliah pun kamu akan dibekali dengan berbagai keahlian selain teknis, seperti misalnya kemampuan dalam hal riset, manajemen proyek, dan juga komunikasi. Tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat ke depannya untuk seorang alumnus jurusan perfilman. Berkat keterampilan itu juga kamu juga dapat membuka karir baru di bidang marketing dan advertising.

kuliah film

Kemudian, soal prospek kerja kamu tidak perlu tanyakan lagi. Dapat dikatakan bahwa lulusan perfilman akan sangat mudah sekali mendapatkan peluang kerja. Berbagai macam keterampilan yang akan kamu dapatkan semasa kuliah merupakan bekal dan modal yang harusnya kamu banggakan

Bagi kamu yang memang berasal dari jurusan perfilman dan pertelevisian, tentu kamu merasakan bahwa kamu memiliki prospek kerja yang tinggi dengan berada di bidang broadcasting, produksi film, desain program, dan kritikus film. Selain itu, perlu kamu ketahui juga bahwa rata-rata gaji awal yang ditawarkan kurang lebih sebesar Rp 4 juta apabila kamu bisa bekerja di bagian tertentu dalam produksi film atau pun televisi. Kamu juga memiliki berbagai macam pilihan pekerjaan dari segala bidang seperti berikut ini.

  1. Penyiar
  2. Produser TV/Radio
  3. Video Editor
  4. Music Arranger
  5. Reporter
  6. Photographer
  7. Content Creator
  8. Director
  9. Entrepreneur
  10. Animator

Apakah kamu sudah mulai yakin ingin melanjutkan pendidikan ke jurusan perfilman? Bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan lanjutan di bidang ini, kamu akan ditempa sedemikian rupa selama 4 tahun atau 8 semester agar mendapat gelar sarjana. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari bagaimana caranya mengkaji, menciptakan, dan juga mengelola bidang perfilman dan pertelevisian.

Setelah itu kamu juga akan berurusan langsung dengan berbagai macam kegiatan produksi film dan televisi, menulis naskah, mengarahkan acara, melakukan penataaan artistik, dan juga melakukan editing. Dan, selama masa kuliah kamu juga bisa mengimplementasikan ilmu perfilman ini dengan mengikuti magang.

Sedangkan berikut ini merupakan berbagai macam matakuliah yang akan ditempuh oleh mahasiswa jurusan perfilman dan pertelevisian.

  1. Komunikasi visual
  2. Komunikasi massa
  3. Literasi media
  4. Script writing
  5. Editing video dan sound
  6. Perencanaan program TV
  7. Penyutradaraan
  8. Tata Artiskik
  9. Hukum dan Etika TV dan Film
  10. Bisnis dan Industri Film

Jadi, apabila kamu memang berniat untuk melanjutkan pendidikan setelah sekolah dan berkuliah di jurusan perfilman dan pertelevisian, akan lebih baik jika mulai sekarang kamu mencari kampus yang sekiranya sesuai dengan apa yang kamu impikan selama ini.