Inilah Pentingnya Menghitung Kehamilan

31

Kehamilan biasanya terjadi selama kurang lebih 9 bulan. Meskipun begitu, usia kehamilan tidak bisa dilihat secara kasat mata. Pasalnya kondisi kandungan antara satu orang dengan orang lainnya bisa berbeda. Beberapa orang memiliki kandungan yang cukup besar, namun beberapa lainnya tidak. Oleh sebab itu penting menghitung kehamilan untuk mengetahui usianya. 

Selain itu, melakukan perhitungan pada kehamilan juga sangat penting untuk mengetahui Hari Perkiraan Lahir atau HPL. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan diri saat memasuki hari persalinan. Ada beberapa metode yang biasanya digunakan untuk menghitung usia kehamilan. Namun yang paling umum adalah melalui USG dan kalkulator kehamilan. Berikut adalah pembahasannya:

USG atau Ultrasonografi

Seiring perkembangan teknologi, menghitung usia kehamilan menjadi lebih mudah dilakukan. Teknologi yang bisa digunakan untuk menghitung usia kehamilan adalah USG atau ultrasonografi. Dibandingkan dengan metode lainnya, menghitung kehamilan dengan ultrasonografi dianggap paling akurat. Bahkan nilai akurasi atau ketepatannya hampir mendekati angka 95%.

Metode USG juga sangat cocok jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur setiap bulannya. Melalui USG, dokter bisa melihat foto janin di rahim secara langsung. Dokter kemudian akan menetapkan usia kehamilan melalui foto tersebut. Namun USG untuk mengetahui usia kehamilan sebaiknya dilakukan pada awal kehamilan. Pasalnya hasil lebih akurat dibandingkan waktu-waktu lainnya.

Kalkulator Kehamilan

Cara kedua yang bisa dilakukan yaitu menggunakan kalkulator kehamilan. Anda bisa menemukan dan menggunakan kalkulator kehamilan melalui internet. Biasanya kalkulator kehamilan didapatkan dari HPHT atau hari pertama haid terakhir. Pastikan menggunakan kalkulator kehamilan dari website yang kredibel, misalnya website rumah sakit atau yang lainnya.

Meskipun mudah dilakukan namun menentukan usia kehamilan dengan kalkulator kehamilan bersifat gambaran umum. Jadi hasilnya tidak bisa dipastikan keakuratannya. Agar lebih akurat, sebaiknya Anda melakukan USG di dokter kandungan.

Itulah pembahasan mengenai pentingnya menghitung kehamilan dan cara melakukannya. Agar kehamilan berjalan dengan lancar, Anda harus rutin memeriksakannya ke dokter kandungan. Tanyakan juga apa hal-hal yang disarankan agar kandungan tetap sehat hingga hari persalinan. Semoga informasi yang diberikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda.