Kenali Apa Saja Perbedaan Giro dan Tabungan

19

Menabung menjadi salah satu aktivitas terbaik yang dilakukan supaya nantinya kita tidak kesulitan lagi dalam masalah keuangan. Saat ini sudah banyak sekali orang merasa penasaran akan perbedaan giro dan tabungan. Dimana keduanya memang berbentuk rekening baik itu perorangan maupun perusahaan. Kita sebagai nasabah harus mampu menentukan pilihan lebih memilih produk yang mana.

Antara keduanya sebetulnya hampir sama, tetapi ada beberapa hal yang membedakannya. Inilah mengapa anda harus paham akan perbedaan antara giro dan tabungan. Dengan begitu kedepannya bisa menentukan sebuah pilihan ingin memilih produk apa.

Perbedaan Antara Giro dan Tabungan

Supaya lebih jelas mengenai kedua aspek tersebut, seharusnya anda pelajari beragam perbedaan antara keduanya. Dimana perbedaannya bisa anda pahami dengan menyimak ulasan berikut:

  • Media untuk penarikannya

Ternyata penarikan dana dari rekening tabungan bukan hanya bisa dilakukan langsung melalui teller bank namun juga langsung pada ATM. Kini kita bisa dengan mudah menemukan mesin ATM sehingga beragam kebutuhan transaksi pun bisa dilakukan. Berbeda halnya dengan tabungan ternyata penarikan tunai untuk giro justru mempergunakan layanan bilyet giro maupun cek. Dimana bilyet giro tersebut mampu anda cairkan dengan pemindahan buku langsung ke rekening penerima.

  • Batas penarikan dana sekaligus transfer

Perbedaan giro dan tabungan ternyata bisa juga anda ketahui dari jumlah saldo yang mampu anda transfer. Biasanya kebanyakan rata-rata memberikan maksimum sekitar Rp 10 hingga 20 juta. Jika memang berkeinginan melakukan transfer dalam jumlah lebih banyak pastinya mampu dilakukan pada hari berikutnya.

Sedangkan pada rekening giro umumnya memberikan batasan transfer hingga Rp 500 juta per harinya. Dimana giro ini paling cocok sekali bagi pebisnis dengan kuantitas transaksi tinggi.

  • Laporan perbulannya

Bank tidak bakalan menghadirkan laporan bulanan pada nasabah pemegang rekening tabungan. Apabila mereka berkeinginan melihat sekaligus memeriksa beragam transaksi yang sudah dilakukan setiap bulannya. Maka nasabah perlu datang langsung ke bank dan memintanya pada pihak bank untuk mencetak beragam transaksi pada buku tabungan.

Berbeda halnya dengan giro dimana nasabah bakalan menerima rekening koran berisikan laporan dana yang sudah masuk maupun keluar. Biasanya laporan tersebut akan dikirimkan setiap bulannya menuju rumah nasabah.

  • Tanggal penerbitannya

Berbeda dengan rekening tabungan dimana saldonya mampu anda cairkan kapan pun dan dimana pun. Ternyata rekening giro menghadirkan tanggal terbit. Biasanya tanggal terbit ini menjadi penanda transaksi yang mampu dilakukan dengan batasan waktu pencairan tertentu.

Pada umumnya perbankan menghadirkan waktu pencairan dana rekening giro sekitar 70 hari terhitung mulai dari tanggal terbitnya. Jadi anda sebagai nasabah harus sabar menunggu proses pemindahan dana yang berasal dari rekening giro.

Itulah tadi beberapa perbedaan giro dan tabungan yang perlu anda ketahui. Saat ini sudah tersedia layanan bank berkualitas yang siap memberikan pelayanan terbaiknya. Dimana Bank Danamon tepat sekali dijadikan sebagai sebuah pilihan.