Ketahui Gejala Sakit Saat Menstruasi yang Normal

32

Bagi setiap perempuan yang sudah memasuki masa pubertas, tentunya akan mengalami yang namanya menstruasi. Namun bilamana pada saat menstruasi tersebut mendatangkan rasa sakit saat menstruasi, tentunya hal tersebut menandakan ada yang tidak beres dengan tubuh anda. Bahkan tak jarang rasa sakit yang diderita tersebut bisa menyebabkan anda tidak bisa beranjak sama sekali dari kasur. Untuk itu sebaiknya dari sekarang juga anda segera menindaklanjuti hal tersebut, agar tidak menjurus ke hal lain yang lebih parah.

Namun ternyata rasa sakit saat menstruasi (dismenore) ini sendiri, memang merupakan salah satu kondisi yang hampir pasti terjadi pada wanita setiap bulannya. Yang mana kondisi ini terjadi pada saat rahim berkontraksi untuk meluruhkan lapisannya yang telah menebal. Dan sejatinya lapisan yang menebal ini, dipersiapkan sebagai tempat untuk menempelnya sel telur yang telah dibuahi. Namun karena pembuahan tidak terjadi, maka tubuh pun akan menurunkan kadar hormon progesterona.

Dengan begitu hal ini bisa membuat lapisan rahim perlahan meluruh dan keluar dalam bentuk darah, yang mana hal ini disebut dengan menstruasi. Dan bersamaan dengan rahim yang berkontraksi dan meluruh, tubuh juga melepaskan hormon prostaglandin. Nah, hormon prostaglandin inilah yang dapat menjadi salah satu pemicu rasa sakit dan peradangan pada saat menstruasi. 

Image result for sakit saat menstruasi femometer

Perlu anda ketahui bahwa umumnya, nyeri haid atau rasa sakit saat menstruasi ini bisa terjadi pada wanita yang berusia di bawah 20 tahun, punya riwayat keluarga dengan dismenore, mengalami pubertas dini, perokok aktif, menstruasinya cukup beratdalam artian aliran darahnya begitu deras dan berlangsung sangat lama. 

Adapun berbagai tanda dan gejala dari sakit saat menstruasi yang normal ini adalah sebagai berikut :

  • Kram
  • Nyeri perut bagian bawah
  • Nyeri pada area punggung bawah
  • Paha dalam terasa ditarik
  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit kepala
  • Pusing

Nah setelah anda mengetahui berbagai gejala atau tanda dari rasa sakit saat menstruasi ini, maka sejatinya bisa diminimalisir dengan menggunakan Ovutest dari Femometer. Yang mana Ovutest Femometer ini merupakan salah satu alat yang bisa membantu dalam hal mengecek kalender kesuburan pada wanita.