Mau Kuliah Sambil Kerja, Coba Jenis Pekerjaan Ini!

127

Kuliah merupakan impian semua orang yang ingin mengenyam pendidikan lebih tinggi. Dengan disiplin ilmu yang dimiliki, lulusan S1 berharap bisa mendapatkan masa depan lebih cemerlang. Guna meningkatkan potensi masa depan cerah, Anda bisa memilih kuliah sambil kerja. Kesempatan magang di perusahaan atau memutuskan menjadi freelancer bisa menjadi batu loncatan untuk meningkatkan skill Anda. Setelah lulus dari kampus, Anda tidak perlu bingung menuliskan portofolio, bukan? 

5 jenis pekerjaan yang cocok dilakukan sembari kuliah 

Memilih pekerjaan yang bisa dilakukan tanpa mengorbankan waktu kuliah bukan hal yang mudah. Anda harus selektif memilih jenis pekerjaan yang lebih fleksibel atau bisa dikerjakan sewaktu-waktu. Jika Anda mencari kesempatan kuliah sambil kerja, ada beberapa rekomendasi pekerjaan yang bisa dilakukan sembari kuliah yaitu :

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja
  1. Penulis lepas

Anda bisa mengerjakan tugas menulis di sela waktu luang saat di kampus, rumah atau liburan pun. Menjadi penulis lepas cocok untuk Anda yang suka dengan dunia tulis menulis, paham kaidah penulisan yang benar dan menguasai perkembangan teknologi. Anda bisa bekerja dengan jasa copywriting atau membuat blog yang bisa menghasilkan pendapatan sampingan setiap bulan. Website pribadi yang informatif punya kans dikunjungi pembaca dan menghasilkan uang jutaan rupiah per bulan, lho!

  1. Penerjemah 

Pekerjaan sebagai penerjemah sangat cocok untuk mahasiswa yang mengambil jurusan Sastra Asing. Bayaran yang ditetapkan klien bervariasi tergantung tarif dan kualitas hasil penerjemahan Anda. Bagi pemula, sebaiknya Anda bergabung dengan layanan jasa penerjemahan bahasa asing untuk mendapatkan lebih banyak wawasan dan pengalaman baru.

  1. Bisnis online 

Anda yang suka dengan dunia bisnis, bisa mencoba peluang membuka bisnis online kekinian. Pastikan Anda melakukan riset pasar agar bisa menjual produk atau layanan jasa sesuai kebutuhan masyarakat di era digital. Jika Anda kuliah di IDS Digital College, manfaatkan pengetahuan dan wawasan untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar. Bisnis layanan jasa atau produk Anda bisa berkembang menjadi start up kekinian, kenapa tidak? 

  1. Desain grafis 

Anda suka fotografi dan desain grafis yang membutuhkan kreativitas tinggi, maka coba saja peluang pekerjaan ini. Manfaatkan kebutuhan masyarakat pada desain di era digital untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Tidak hanya bisa meningkatkan skill Anda, pekerjaan sebagai desain grafis bisa menjadi passion, pundi penghasilan besar sekaligus branding diri sendiri. Mengambil jurusan kuliah yang sama bisa memberikan zona nyaman untuk Anda yang ingin bekerja sesuai hobi. 

  1. Programmer

Banyak orang bilang bahwa si introvert cocok bekerja sebagai programmer. Bukan berarti Anda yang lebih supel tidak bisa menjadi programmer, ya! Jika Anda tipe mahasiswa di bidang IT, tidak ada salahnya mencoba pekerjaan milenial ini. Potensi karir sebagai programmer atau web developer punya peluang yang sangat besar di era sekarang. Masa depan para ahli IT sangat potensial dengan gaji pemula mulai 5 jutaan hingga puluhan juta rupiah per bulan. 

Tentu masih ada banyak jenis pekerjaan yang bisa Anda lakukan selama kuliah di kampus. Asal Anda bisa melakukan efisiensi kegiatan dan disiplin waktu yang baik, maka kuliah dan pekerjaan bisa berjalan lancar. Pastikan diri Anda memiliki wawasan dan skill memadai agar bisa bersaing dengan pesaing lain di era digital ini. Yakinkan diri Anda mengambil jurusan kuliah yang lebih relevan dengan perkembangan jaman hanya di IDS Digital College sekarang juga. Kuliah sambil kerja bukan hal yang mustahil selama Anda mau kerja keras dan konsisten, ya!