Pentingkah Memantau Perkembangan Bayi

163

Bunda, orang tua mana yang tidak ingin bayi dan balita cerdas dan sehat? Hampir semua menginginkannya. Namun, tahukah Bunda bahwa agar mendapatkan bayi cerdas, sehat, dan tumbuh optimal perkembangan dan pertumbuhan bayi juga harus di pantau? Cari informasi lebih lengkapnya di Bidan Sela. Bukan hanya mengenai si buah hati, tetapi juga informasi mengenai kehamilan dan menyusui juga bisa bunda dapatkan di sini

Setiap ibu hendaknya dapat memantau perkembangan anak sejak lahir. Caranya mudah, saat ini di internet sudah banyak informasi mengenainya. Tinggal tuliskan saja usia bayi maka akan keluar pertumbuhan dan perkembangan optimal yang harus dimiliki. 

Wah, repot ya? Butuh waktu juga dong! Iya Bunda, pemantauan perkembangan penting dengan alasan sebagai berikut.

1. Mengetahui Tumbuh Kembang Bayi Berada pada Jalur yang Tepat

Bunda, sebaiknya memang tidak membiarkan bayi tumbuh kembang dengan sendirinya. Asal diberi makan dan pakaian layak semua akan tumbuh besar.

Namun, tidak semua demikian. Ada bayi yang bermasalah dalam tumbuh kembangnya. Autisme, misalnya merupakan salah satu masalah  yang mungkin Bunda pernah dengar.

Memang masalah tersebut tidak dapat dicegah tetapi jika diketahui atau dideteksi sejak dini, Bunda dapat meminimalisir keterlambatan. Caranya dengan mengetahui tumbuh kembang setiap periode usia bayi.

Contoh, bayi usia 4 sampai 6 bulan seharusnya sudah dapat melakukan kontak mata dengan orang sekitar. Ternyata bayi sampai usia 10 bulan asyik dengan dunianya sendiri. Bunda dapat dengan cepat menghubungi ahli yang berkompeten membantu. Semakin besar usia bayi, bantuan akan lebih sulit diberikan.

2. Merangsang Tumbuh Kembang Bayi

Tidak semua masalah tumbuh kembang bayi akibat dari masalah dengan otak atau organ lainnya. Tumbuh kembang dapat terhambat karena faktor lingkungan.

Bayi yang banyak digendong tidak terangsang untuk menapakkan kakinya, misalnya. Bayi mungkin saja mengalami keterlambatan berjalan.

Dengan mengetahui perkembangan yang seharusnya, Bunda dapat membantu merangsang tumbuh kembang lebih optimal.

3. Tumbuh Kembang Bayi Optimal

Bunda, bayi 0 tahun hingga masa balita memasuki masa periode emas tumbuh kembang. Saat ini seharusnya orang tua dengan berbagai cara mengoptimalkannya. Tumbuh kembang kelak akan berpengaruh di usia selanjutnya.

Otak berkembang sangat pesat di usia ini. Perkembangan hampir 90%. Sisanya terjadi di usia sesudahnya. Jika perkembangan tidak optimal, tidak dapat terganti.

Itulah Bunda, 3 alasan pentingnya memantau perkembangan bayi. Sesuatu yang kelihatannya sepele tapi besar manfaatnya. Salam sehat, keluarga!