Peranan Dan Fungsi Dari Sebuah Keluarga

98

Memiliki sebuah keluarga yang harmonis merupakan cita-cita semua orang. Sebab dari keluarga yang harmonis tersebut akan tumbuh generasi manusia yang akan berpengaruh positif pada lingkungan. Pada dasarnnya keluarga adalah sebuah unit terkecil dalam kehidupan sosial masyarakat yang terdiri dari Ayah, Ibu, dan Anak serta beberapa kerabat atau keluarga dalam satu rumah. Semua anggota keluarga mempunyai peran yang berbeda-beda misalnya seorang Ayah berfungsi sebagai kepala keluarga, sedangkan Ibu bertugas mendidik anak-anaknya dengan penuh rasa kasih sayang agar kelak menjadi manusia yang berguna bagi semua aspek kehidupan. Pada umumnya fungsi keluarga yaitu sebagai tempat untuk mencurahkan kasih sayang serta tempat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa fungsi keluarga lainnya yang berperan penting dalam pembentukan pribadi yang baik diantaranya :

  • Fungsi Agama

Agama merupakan bagian terpenting dalam fungsi keluarga menjalani kehidupan. Tanpa Agama seseorang bisa bertindak semaunya, karena tidak memegang teguh nilai-nilai positif yang terkandung dalam ajaran Agama tersebut. Salah satu fungsi dari sebuah keluarga yang pertama yaitu membentuk generasi penerus bangsa yang taat dalam beribadah serta menjunjung tinggi nilai ke-Agamaan dalam segala aspek kehidupan.

  • Fungsi Pendidikan

Untuk mendapatkan pendidikan yang baik bagi seorang anak tidak cukup hanya mengandalkan dari pendidikan formal yang didapat dari pelajaran sekolah saja. Dalam kondisi ini peran keluarga sangatlah penting sebab pada umumnya anggota keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dari pada di luar rumah atau sekolah. Oleh karena itu sangat tepat jika keluarga ikut berperan dalam bidang pendidikan untuk membentuk generasi muda yang berpendidikan.

  • Fungsi ekonomi

Untuk mencari sumber penghidupan bagi kelangsungan hidup sebuah keluarga, maka di posisi ini peran seorang Ayah sangat penting yakni berperan sebagai kepala keluarga yang salah satu tugasnya untuk mencari nafkah. Tugas yang diemban oleh seorang Ayah tersebut sudah diatur dalam bidang apapun termasuk dalam bidang Agama, bahwa seorang laki-laki merupakan pemimpin bagi kaum perempuan. Tapi tidak sedikit saat ini peran mencari nafkah tersebut sudah lumrah dilakukan oleh seorang ibu, hal ini dilakukan untuk membantu perekonomian keluarga jika penghasilan seorang Ayah tidak mencukupi.

Pada intinya fungsi keluarga tersebut yaitu untuk selalu menciptakan suasan yang harmonis sehingga dari suasan tersebut akan lahir generasi manusia yang mempunyai kepribadian yang Agamis serta berpendidikan yang kelak akan mampu menjadi manusia yang berguna baik bagi Agama maupun Negara.