Perbandingan Kredit Rumah Syariah dan Konvensional

9

Mengajukan kredit rumah di bank merupakan hal yang biasa di kalangan masyarakat. Selain prosesnya yang mudah, kredit rumah juga menjadi solusi untuk mendapatkan rumah tanpa terkena inflasi yang begitu cepat. Namun ternyata ada dua jenis kredit rumah yang bisa Anda temukan di bank yaitu kredit rumah syariah dan konvensional. Apa perbedaan keduanya? Berikut perbandingannya agar Anda mengetahui perbedaannya:

Perjanjian Jual Beli

Perjanjian jual beli pada kredit rumah konvensional yaitu cicilan dengan bunga. Karena hal tersebut, KPR konvensional dianggap riba. Sementara kredit syariah menggunakan sistem akad sesuai syariah Islam. Contoh akad yang digunakan yaitu musyarakah mutanaqisah atau kepemilikan bertahan dan murabahah atau jual beli.

Bunga KPR

Bunga yang diterapkan pada kredit rumah konvensional biasanya bersifat fluktuatif. Artinya bunga bisa berubah-ubah mengikuti acuan dari Bank Indonesia (BI). Sedangkan kredit syariah yang bebas bunga tentu saja tidak menerapkannya. Biasanya bank mengambil keuntungan berdasarkan margin dari penjualan.

Jangka Waktu Kredit

Jangka waktu kredit atau tenor pinjaman pada bank konvensional lebih panjang dari bank syariah. Biasanya bank konvensional memberikan tenor hingga 20 tahun bahkan lebih. Sedangkan bank syariah hanya sekitar 10-15 tahun saja.

Denda Keterlambatan

Perbedaan antara kredit rumah syariah dan konvensional selanjutnya yaitu ada pada denda keterlambatan. Jika mengajukan kredit konvensional, Anda harus membayar denda keterlambatan. Sedangkan kredit syariah tidak menerapkannya.

Jumlah Cicilan

Karena bunga mengikuti Bank Indonesia, jadi besar cicilan kredit konvensional bisa berubah-ubah. Sementara kredit syariah memiliki besar cicilan yang selalu sama hingga akhir masa tenor.

Itulah perbandingan antara kredit rumah syariah dan konvensional. Bagi para muslim, kredit syariah lebih direkomendasikan karena tidak mengandung riba. Tidak adanya riba yaitu karena tidak ada bunga yang dianggap riba dalam Islam. Apabila berminat dengan kredit syariah, Anda bisa mengajukannya di Bank Danamon.

Produk kredit bernama Pembiayaan Kepemilikan Rumah Syariah iB bisa mewujudkan impian Anda memiliki hunian bebas riba. Selalu properti baru, ada beberapa tujuan pembiayaan lain seperti pembiayaan properti bekas, properti inden, kavling siap bangun, take over dan top up, serta pembiayaan multiguna. Selengkapnya mengenai produk Bank Danamon bisa Anda lihat sendiri di www.danamon.co.id