Tahukah Anda Manfaat Apa dari Proses Toilet Training Anak?

171

Secara umum, anak-anak akan menunjukkan tanda-tanda yang halus namun kadang juga tanda yang jelas. Khususnya dalam hal mereka siap dan bersedia untuk memulai proses toilet training anak. Misalnya, saat mereka:

  • Berjalan dan duduk untuk waktu yang singkat
  • Umumnya lebih mandiri dalam menyelesaikan tugas
  • Tertarik melihat orang dewasa pergi ke toilet
  • Memiliki popok kering selama beberapa jam
  • Memberitahu Anda sebelum buang air kecil atau kotoran
  • Mulai tidak suka memakai popok dan mencoba melepasnya saat kotor
  • Menarik celana ke atas dan ke bawah
  • Mengikuti instruksi dasar seperti “serahkan mainan ke Mama, nak”
toilet training anak
toilet training anak

Semua tanda ini tidak perlu muncul saat anak Anda siap, tetapi kecenderungan umum dari hal diatas akan memberitahu Anda bahwa inilah saatnya untuk memulai toilet training anak. Dan di bawah ini adalah beberapa keuntungan dari toilet training untuk si kecil.

Kebiasaan Sehat

Kebanyakan anak memulai toilet training pada usia yang sama ketika mereka mulai belajar kebersihan diri secara mendasar. Rutinitas toilet Training dapat membantu anak Anda menerapkan pendekatan serupa untuk menyikat gigi dan mandi. Ini berarti toilet training adalah batu loncatan yang akan membantu anak Anda mulai lebih bertanggung jawab atas perawatan diri mereka sendiri.

Peluang Belajar

Saat anak Anda tidak lagi mengenakan popok, mereka akan menemukan dunia baru yang terbuka untuk mereka. Begitu pula bagi para orang tua yang tidak perlu lagi khawatir popok kotor atau basah, terutama saat akan keluar atau berlibur. 

Keyakinan dan Kemandirian

Toilet training anak adalah fase utama anak-anak yang berfokus di prasekolah. Seorang anak yang berhasil atau menguasainya mungkin akan merasa senang seperti siswa yang berhasil dalam ujian. Memuji dan mengakui kemauan serta kemampuan anak selama toilet training kemungkinan besar akan meningkatkan nilai diri mereka dan membangun kepercayaan diri pada kemampuan mereka untuk mencapai tujuan.

Saat anak Anda mulai menggunakan toilet sendiri secara teratur, mereka akan segera menggunakan kamar mandi dan membersihkannya setelah itu tanpa bantuan Anda.