Ternyata Kacang-Kacangan Tidak Baik Dikonsumsi Sebagai Makanan Anjing

4

Kacang-kacangan diketahui kaya akan kandungan protein tinggi, vitamin E, vitamin B, vitamin A, vitamin K, zat besi, kalsium, fosfor, kalsium, lesitin, dan kolin. Dengan kandungan yang kaya seperti itu, mungkin Anda berpikir akan bagus diberikan sebagai makanan anjing. Padahal, tidak semua jenis kacang bisa diberikan pada hewan peliharaan kita itu.

Walaupun ada beberapa kacang yang bisa dikonsumsi sebagai makanan anjing, tetapi dianjurkan sebaiknya tidak diberikan sama sekali. Meski dalam porsi kecil. Dikhawatirkan ada kandungan yang menyebabkan potensi keracunan pada anjing.

Jenis Kacang-kacangan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Anjing

makanan anjing

Kacang kaya akan kandungan lemak dan kalori, sehingga dapat menyebabkan pankreatitis dan gastrointestinal.

Ada beberapa jenis kacang yang sama sekali tidak boleh diberikan kepada anjing Anda, yakni sebagai berikut:

Almond

Bagi manusia, almond memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan manusia. Seperti menurunkan resiko penyakit kanker, menjaga kadar kolesterol, menstabilkan tekanan darah dan banyak lagi.

Akan tetapi, kandungan dalam almond dapat menyebabkan gangguan pada sistem ginjal anjing dan mengundang masalah pada pencernaan. 

Kacang brazil

Kacang brazil berasal dari tanaman Bertholletia excelsa. Jenis kacang ini tidak terlalu terkenal dan harganya pun mahal.

Kacang ini kaya akan kandungan lemak yang sangat tinggi, sehingga tidak baik diberikan pada anjing. Karena dapat mengganggu sistem pencernaannya.

Hazelnut

Hazelnut kaya akan lemak sehat, protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Jenis kacang ini memiliki kalori tinggi dan tidak baik untuk diberikan kepada anjing.

Kacang macadamia

Ini adalah jenis kacang yang sangat tidak boleh diberikan pada anjing. Karena kandungannya dapat berubah menjadi racun di tubuh hewan peliharaan kita itu. 

Kacang ini dapat menyebabkan tremor, kelumpuhan, peradangan dan kelemahan sendi. 

Kenari

Selain kandungan yang ada di dalamnya, bentuk kacang ini juga bisa membahayakan anjing. Bentuknya yang besar dan tidak beraturan, dapat menyebabkan anjing tersedak. Sedangkan kandungan yang ada di dalam dapat mengganggu pencernaan anjing.

Memelihara anjing tidak sekedar memberi makan ala kadarnya saja. Anda juga wajib mengetahui apa yang terbaik dan membahayakan mereka. 

Agar Anda dapat memberikan makanan dengan gizi dan nutrisi tepat, serta sehat, sebaiknya berikan makanan anjing dari Royal Canin. Formulanya memang disesuaikan dengan kebutuhan anjing kesayangan Anda. Semoga bermanfaat.